Notifikasi :

1. Hello selamat datang Website kami.

2. Jangan lupa komentar dan saran.

  • Posted by : Taufiq Sejati Sunday, November 29, 2015

    Kenali Simulator Sickness (Mabuk saat main game berbasis FPS) dan gejalanya

    Motion sickness atau sering kita sebut mabuk, sering terjadi tanpa kita sadari.

    Tapi yang kali ini mau dibahas adalah ruang lingkup yg lebih sempit, yaitu Simulator Sickness.


    Pernah ga agan2 ngerasa pusing berat :capedes n mual pas lagi main game tipe2 FPS gitu? tapi klo main game2 lain berjem2 juga ga masalah. Kalau ya berarti agan terkena simulation sickness
    Walaupun tidak semua mengalami hal ini tapi kebanyakan orang mengalaminya. Survei dilakukan Universitas Minesota kepada siswanya dengan bermain game HALO dan 50% dari mereka mengalami simulator sickness.
    Penyakit ini adalah musuh terbesar gamers , apalagi game PC sekarang lagi gencar – gencarnya ngeluarin game FPS yg bagus. Bayangin aja kalo kita gabisa maen cuman karena mabok. Tapi sebelum bahas lebih lanjut, mari kita pelajari gejala dan penyebabnya

    gejala2 simulator sickness.


    Gejala simulator sickness sama seperti saat kita mabuk kendaraan yaitu:

    1. gejala awal kepala pusing
    2. setelah itu mata mulai terasa berputar2 dan berkeringat
    3. kalau diteruskan akan terasa tekanan di perut dan mual2
    4. dan terakhir kalo masi bandel bisa ditebak, agan bakal muntah :berbusa:
     
     Penyebab simulator sickness pastinya ya karena main game berbasis 3D, prosesnya harus kita telusuri dulu dari telinga kita..



    Lihat Struktur Telinga Kita
    telinga kita yang ajaib ini mempunyai sistem sensor yang mendeteksi gerakan seperti ketika kita memutar kepala ke kanan maupun ke kiri.

    sensor ini membantu mata kita untuk mensinkronkan dengan gerakan kepala kita.


    Jika kepala kita bergerak ke kiri maka mata kita akan bergerak ke kanan dan sebaliknya, tujuannya untuk menstabilkan penglihatan, karena dengan begitu perubahan pandangan kita tidak terlalu cepat, dengan kata lain memperlambat perpindahan penglihatan.





     Sistem reflek di atas sangat membantu kita untuk mendapat penglihatan yang jelas, tapi ternyata sistem ini juga berpengaruh sebaliknya
    Ketika mata kita mendeteksi adanya gerakan (dalam kasus ini gerakan virtual) dan ternyata objek sekeliling kita termasuk tubuh kita ga bergerak, padahal telinga seharusnya mensinkronkan antara gerakan dan penglihatan. Hal ini menyebabkan otak kita secara tidak sadar mengira hal itu halusinasi, dan lama kelamaan ketika kita mengalami hal yang sama berulang – ulang bagian otak kita yang bernama area postrema memerintahkan kita untuk muntah karena mengira itu adalah halusinasi yang disebabkan oleh konsumsi racun. walaupun masih diragukan kebenarannya, teori ini masih dianggap yang paling mendekati kebenaran untuk menjelaskan masalah simulator sickness.



    Bagaimana cara mencegah maupun mengobati simulator sickness?
    Pegobatannya hampir sama dengan mabuk kendaraan, hanya bedanya kita tidak bergerak. Intinya adalah membantu mensinkronkan kembali antara gerakan dan peglihatan, sesering mungkin melihat benda tidak bergerak, juga memejamkan mata, hal ini membantu mengharmoniskan bagian dalam telinga dengan mata. Atau mengunyah permen karet ataupun permen jahe, bisa juga dengan minum minuman yang melegakan juga cukup membantu untuk menghilangkan eneg dan perasaan ingin muntah. Konsentrasi dan fokus berlebihan kepada pergerakan karakter akan menyebabkan simulator sickness lebih parah, maka saran terakhir yaitu relax. Pemicu lain juga jika terlalu banyak getaran/ pergerakan karakter tidak mulus.
    Dan juga dengan bermain dalam skala pendek maka otak akan terbiasa dengan hal ini, tapi TS tidak menyarankan hal ini :

    cara yang lebih radikal adalah dengan menganggap seolah – olah kita bergerak yaitu dengan bermain di ruang gelap dan monitor menyala terang, maka kita tidak merasakan sensasi "bergerak tetapi tidak bergerak" yang menyebabkan ketidak sinkronan saraf mata dan telinga, tetapi cara ini tidak dapat dibuktikan keefektifannya dan sangat tidak dianjurkan karena merusak mata
     Untuk agan2 yang mungkin punya pengalaman dan tau bagaimana cara mengatasi simulator sickness, bisa sharing ^^

    Created by Taufiq Sejati

  • Copyright © 2017 - KIRITO-LOVERZ

    KIRITO-LOVERZ - Powered by Blogger - Designed by CUCU Taufiq Sejati