Notifikasi :

1. Hello selamat datang Website kami.

2. Jangan lupa komentar dan saran.

  • Posted by : Taufiq Sejati Friday, February 25, 2011

    Fakta Hubungan Internasional Indonesia Dengan Bangsa Lain.
    http://pinkyangga.files.wordpress.com/2008/12/indonesia1.jpg

    Hubungan Multilateral Indonesia dengan Negara-Negara Lain

    Peran Indonesia terhadap PBB
    1. Indonesia yang sebelumnya juga terpilih menjadi Ketua Komisi Hak Asasi Manusia atau Human Right Commission pada tanggal 17 Januari 2005, kini terpilih menjadi Dewan HAM atau Human Right Council sebagai penggati lembaga baru dari komisi HAM dengan dukungan 165 suara pada tanggal 9 Mei 2006. Ini menunjukkan bahwa Indonesia juga mendapatkan dukungan yang besar pada posisi-posisi itu yang semuanya berkaitan erat dengan maintanance of peace and international security. Inilah salah satu contoh penting Indonesia dalam PBB untuk penegakkan HAM.
    2. Dalam upaya penyelesaian konflik, Indonesia mengeluarkan lima butir pemikiran yang dapat dilakukan untuk membantu memadamkan konflik yang terjadi di Timur Tengah, antara lain adalah menyerukan segera dilakukannya gencatan senjata, lalu mengirimkan pasukan pemelihara perdamaian di bawah bendera PBB untuk mengawasi proses gencatan senjata tersebut dan selanjut menggelar operasi kemanusiaan yang disertai dengan rehabilitasi pasca konflik dan melanjutkan peace process. Inilah salah satu contoh penting Indonesia dalam PBB untuk menjaga perdamaian dunia.
    3  PENGIRIMAN TENTARA INDONESIA KE MISI PBB DI LIBANON
       Pengiriman tentara Indonesia ke pasukan perdamaian PBB ke Libanon selatan amat penting. Sebagai negara demokratis dengan mayoritas Muslim moderat terbesar di dunia serta punya perhatian besar tentang Timur Tengah terutama Libanon dalam konflik Israel-Hesbollah, peran Indonesia di panggung politik internasional harus semakin diperhatikan pasca 11 September. Demikian Gerry van Klinken pengamat politik Indonesia di Leiden.
       Gerry van Klinken (GvK) : Indonesia memiliki tradisi yang gemilang dalam pengiriman pasukan perdamaian mulai dari tahun 1957 ke Suez di Timur Tengah, ke perbatasan Israel tahun 1981 pak Rudini, Herdriartono ada disana, pak Susilo Bambang Yudhoyono sendiri pernah memimpin pasukan perdamaian di Bosnia tahun 90-an. Peran Indonesia cukup berarti dan secara khusus untuk kasus Israel-Hezbollah saya menilai sangat positip kalau sebuah negara besar yang mayoritas Muslim dengan perhatian yang besar terhadap masalah Timur Tengah bisa ikut berpartisipasi. Terutama karena Indonesia memiliki "telinga yang lebih peka" untuk mendengar suara Libanon.

       Radio Nederland Wereldomroep, Postbus 222, 1200 JG Hilversum
       http://www.ranesi.nl/
       http://www.rnw.nl/

    4. Dubes Iran, Behrooz Kamalvandi: Peran Indonesia di DK PBB Sangat Penting
       [JAKARTA] Kedudukan Indonesia sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa-Bangsa (DK PBB) diharapkan dapat mendorong stabilitas dan perdamaian di Timur Tengah dan dunia. Keanggotaan Indonesia itu juga diharapkan bisa membantu penyelesaian isu nuklir Iran secara berkeadilan.
       Harapan tersebut disampaikan oleh Duta Besar Republik Islam Iran, Behrooz Kamalvandi kepada Pembaruan di Jakarta, Kamis (8/2). "Indonesia telah berperan dalam penyelesaian masalah-masalah global. Perdamaian dan keamanan secara meluas di dunia, termasuk di kawasan Timur Tengah, diharapkan untuk terus diupayakan dengan peranan baru Indonesia sebagai anggota tidak tetap DK PBB," kata Kamalvandi didampingi Atase Pers Kedubes Iran, Hamid Sultan Saleki.
       Www.google.com

    Peran Indonesia terhadap ASEAN
    1. Indonesia merupakan salah satu pendiri ASEAN, yang dideklarasikan pada 1967 di Bangkok, Thailand. Sejak itu, Indonesia telah memainkan peran yang sangat penting di antara negara anggota ASEAN lainnya, bahkan Indonesia juga memainkan peran yang sangat penting dalam meletakkan dasar-dasar hubungan yang harmonis di antara negara-negara di kawasan Asia Tenggara.
    2. Indonesia memiliki posisi sebagai Ketua Panitia Tetap ASEAN hingga periode Juli 2006, mengandung makna penting bagi Indonesia sendiri. Inilah kesempatan besar bagi kita untuk berperan dalam meningkatkan kerja sama dan ikut menetapkan arah masa depan ASEAN. Inilah peran penting Indonesia pada ASEAN dalam upaya mempertahankan ASEAN.
    3. Salah satu hal yang menjadi ciri khas Indonesia adalah perhatian yang tinggi terhadap kepentingan orang lain (regional) dan upaya diplomasi di kawasan. Misalnya, dalam kasus klaim pulau-pulau Spratly di Laut China Selatan yang melibatkan empat negara ASEAN. Indonesia lewat ASEAN ikut aktif mengatasi permasalahan di kawasan LCS dan mengusulkan perumusan regional code of conduct. Alasannya, masalah LCS bukan hanya merupakan masalah bilateral masing-masing, tetapi juga telah menjadi masalah regional.

    Contoh kerja sama multilateral
       Contoh kerja sama multilateral adalah kerja sama teknis keamanan di kawasan ASEAN dan China. Selain sejalan dengan komitmen ASEAN membentuk komunitas keamanan, kerja sama keamanan nontradisional juga mendukung kerja sama ekonomi di berbagai bidang. Kita bisa melakukan operasi militer nonperang seperti penanganan bencana dan berbagai ancaman nontradisional.


    Hubungan Bilateral Indonesia dengan Negara Lain

    Indonesia-Tunisia Sepakat Tingkatkan Hubungan Bilateral
    Rabu, 22 November 2006 | 13:35 WIB
    TEMPO Interaktif, Jakarta:Indonesia dan Tunisia sepakat meningkatkan kerjasama bilateral di bidang ekonomi. Kesepakatan itu dicapai dalam pertemuan antara Wakil Presiden Jusuf Kalla dengan Menteri Luar Negeri Tunisia Abdelwaheb Abdallah, Rabu(22/11), di Kantor Wakil Presiden Jakarta.
    Menteri Luar Negeri Tunisia Abdelwaheb Abdallah mengatakan Indonesia-Tunisia memiliki pandangan yang sama untuk menciptakan perdamaian dan stabilitas dunia.

    -SUTARTO-
    www.tempointeraktif.com

    Contoh kerja sama bilateral
       Khusus dengan Indonesia, hubungan diplomatik telah resmi dijalin sejak 1994 yang ditandai dengan penandatanganan Komunike Bersama di Jakarta. Di mata Kroasia, kata Simic, Indonesia punya arti penting karena Indonesia adalah negara terbesar di ASEAN. Menurut Simic, kerja sama bilateral Kroasia dan Indonesia saat ini difokuskan pada aspek ekonomi. "Kroasia dan Indonesia memiliki peluang bisnis dan minat yang sama untuk mengembangkan kerja sama antara kedua negara. Yang harus ditekankan adalah program-progaram seperti transportasi, pariwisata, perdagangan, investasi, dan bidang lainnya," paparnya.

    Hubungan Regional Indonesia dengan Organisasi Internasional

    Senin, 05 Mar 2007,
    Belum Ada Yang Selesai
    Oleh Harmen Batubara
    35 Tahun Penegasan Batas Negara
    Berkaitan dengan perubahan regional dan makin solidnya ASEAN, terutama munculnya rencana Piagam ASEAN, ada beberapa hal tentang hubungan negara di kawasan tersebut terkait perbatasan yang patut dicermati. Pertama, dari persepsi ancaman terhadap kepentingan nasional Indonesia adalah munculnya konflik terbatas dari masalah perbatasan antardua negara bertetangga seperti halnya yang terjadi di antara India-Pakistan.
    Kedua, Indonesia dalam strategi ke depan lebih menerapkan pendekatan soft power dan memanfaatkan ASEAN agar dapat berperan sebagai bagian dari pertahanan melingkar Indonesia ditingkat regional. TAC (Treaty of Amity and Cooperation) yang ditandatangani oleh negara-negara anggota ASEAN, selain merupakan bagian dari confidence building measure (CBM), menjadi landasan untuk memperkirakan bahwa kemungkinan terjadinya konflik terbuka di antara negara-negara tersebut.
    Salah satu yang perlu mendapat perhatian adalah masalah perbatasan antarnegara. Ternyata upaya penyelesaian masalah perbatasan sejak 35 tahun lalu belum ada satu pun yang selesai.
    Sebagaimana diketahui, Indonesia mempunyai masalah perbatasan dengan sepuluh negara tetangga, yang mayoritas tentu dengan sesama negara anggota ASEAN. Perbatasan darat, misalnya dengan Malaysia. Kita mempunyai batas darat sepanjang 2004 km, mulai Tanjung Datu di Kalimantan Barat hingga Sebatik di Kalimantan Timur, yang sampai kini masih ada sepuluh masalah utama yang belum terselesaikan. Dengan Papua Nugini di Papua, terdapat sepanjang 770 km, juga belum selesai; dengan Timor Leste terdapat sepanjang 300 km, juga belum selesai.
    Untuk batas laut teritorial, hingga kini belum mencapai kesepakatan tentang batas laut teritorial dengan tiga negara tetangga, Singapura, Malaysia, dan Timor Leste. Panjangnya sekitar 40 persen dari seluruh batas yurisdiksi batas maritim Indonesia.
    Untuk itu, telah dibentuk Working Group of the ASEAN-China Senior Consultation on the Code of Conduct of the South China Sea yang telah mengadakan beberapa kali pertemuan (Wirajuda, H., 2003).
    Indonesia juga berupaya membentuk forum South West Pacific Dialogue yang dibayangkan akan terdiri atas negara-negara tetangga Indonesia di belahan timur (Timor Leste, Australia, Selandia Baru, Papua Nugini, dan Filipina). Pilar ketiga adalah dengan membentuk tripartite consultation antara Indonesia, Timor Leste, dan Australia.
    Penyelesaian persoalan batas mulai dilakukan pada 1970-an, dengan Papua sudah dimulai 1964, dan dengan Malaysia 1973. tetapi, hingga kini belum ada satu pun yang sudah selesai.
    Dengan Malaysia, meskipun penyelesaiannya dimulai sejak 1973 ( MOU) dan pengukuran di lapangan sejak 1975, semula direncanakan pengukuran batas akan selesai pada 2000. Memang, secara fisik pekerjaan itu selesai, tetapi dengan catatan masih terdapat sepuluh lokasi yang belum disepakati kedua negara.
    Harmen Batubara MBA, perwira menengah di Direktorat Wilayah Pertahanan Dephan Jakarta.
    www.jawapost.com
    Keterlibatan IMF selama ini

    Contoh kerja sama regional
        Contoh kerja sama regional adalah kerja sama yang diharapkan dapat menghasilkan berbagai agenda perlindungan konsumen di Asia Tenggara, termasuk sosialisai kesadaran konsumen, produsen, serta pedagang mengenai pemenuhan persyaratan standar produk. Inilah contoh kerja sama regional yang dilakukan oleh Indonesia dengan Negara – negara ASEAN.

  • Copyright © 2017 - KIRITO-LOVERZ

    KIRITO-LOVERZ - Powered by Blogger - Designed by CUCU Taufiq Sejati